Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

8 Jenis Investasi Yang Sangat menguntungkan Anda Dimasa Depan


Banyak orang yang takut berinvestasi dengan alasan uang yang diinvestasikan tidak akan menghasilkan sebaik yang dibayangkan, atau malah uang yang telah diinvestasikan justru akan hilang, seperti kebanyakan cerita-cerita atau berita yang pernah dibaca dan didengar.
investasi yang menguntungkan
Investasi yang  menguntungkan

Sebenarnya investasi yang baik akan menghasilkan keuntungan yang cukup besar jika kita mengetahui cara dan jenisnya dengan benar pula. Tapi bagaimana akan berinvestasi jika jenis dan caranya saja kita tidak tau? Yang pertama, miliki dulu niat dan motivasi untuk memeperbaiki kehidupan secara finansial. Kedua, pelajari dengan baik dan detail ranah investasi yang akan kita masuki. Ibaratnya tak kenal maka tak sayang.

Emas
Investasi yang pertama dan cukup melegenda adalah investasi emas. Mengapa emas? Karena emas nilainya cenderung stabil. Kalaupun mengalami penurunan sifatnya cenderung akan naik kembali melebihi titik tertinggi terakhir ketika emas mengalami penurunan, atau dengan kata lain emas tetap cenderung akan mengalami kenaikan atau minimal tetap. Sebagian besar orang, khususnya wanita memang terkadang cenderung memilih membeli emas dalam bentuk perhiasan. Namun, jika kita memang berniat emas sebagai investasi, sebaiknya jangan membeli emas dalam bentuk perhiasan. Sebaiknya emas yang digunakan sebagai investasi adalah emas batangan, karena emas batangan tidak akan terkena ongkos pembuatan dan peleburan, dan dapat dijual dan dibeli dimana saja.

Investasi emas sekarang sudah umum dilakukan, sehingga banyak badan atau perusahaan-perusahaan resmi yang memfasilitasi investasi emas ini, contohnya Penggadaian. Investasi emas yang tersedia pun cukup beragam, malai dari yang terkecil 5 gram sampai yang 500 gram pun tersedia, dengan harga dan cicilan yang juga bervariasi.

Properti
Investasi dibidang properti juga tidak kalah menguntungkan. Investasi ini dapat berupa apartemen, tanah, rumah kost, kios, ruko dan lain-lain. Jangan khawatir jika nilai investasi akan turun dan menyebabkan kita merugi. Investasi dibidang properti harganya bisa dijamin akan terus merangkak naik mengingat populasi manusia yang tidak pernah menurun.

Memang investasi di bidang properti modal awalnya cukup besar, namun sebanding dengan apa yang akan kita peroleh dikemudian hari. Lagipula, sekarang investasi properi sudah banyak yang memfasilitasi secara kredit, sehingga kita tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam diawal investasi.

Perbankan
Perla Anda ketahui bahwa bank tidak hanya dapat digunakan sebagai sarana investasi dalam bentuk tabungan atau deposito saja, melainkan bank juga menyediakan kerjasama bagi Anda yang memiliki rekening gendut untuk ikut berivestasi dalam bentuk yang lain. Setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Coba Anda tanyakan langsung kepada pihak bank tempat Anda menabung. Sayang kan jika tabungan anda yang mungkin telah mecapai ratusan juta hanya terparkir ditabungan atau deposito, padahal ada sarana investasi lain yang dapat memberikan keuntungan lebih dari sisi finansial.

Asuransi dan unit link
Jika dulu asuransi hanya dimanfaatkan sebagai sarana proteksi seperti proteksi kesehatan dan kematian, kini asuransi dapat digunakan sebagai saran investasi yang cukup menggiurkan.
Bagi Anda yang tidak suka repot-repot berasuransi dan berivestasi, kini telah banyak tersedia asuransi yang sekaligus menawarkan investasi dengan keuntungan yang berlipat. Mekanisme sederhananya, Anda nanti akan diminta premi untuk setoran asuransi, dan juga setoran investasi. Namun tetap berhati-hatilah dengan investasi jenis ini, jangan hanya karena teman atau saudara dekat yang menawari, maka Anda lansung meng-iyakan. Pelajari dengan baik hak dan kewajiban serta perhitungannya.

Reksadana.
Reksadana secara sederhana dijelaskan sebagai pengumpulan dana kepada seorang Manajer Investasi, yang kemudian akan diinvestasikan kembali dalam bentuk yang lain seperti saham, deposito, valas, obligasi dan lain-lain. Hasil yang akan kita peroleh adalah tergantung dari jumlah dana atau besar dana yang telah kita setorkan kepada Manager Investasi serta naik turunnya nilai investasi itu sendiri.

Modal awal yang diperlukan tidak terlalu besar berkisar satu atau lima juta, dan reksadana ini pun dapat dijual di bank-bank

ORI
Obligasi  Ritel atau yang biasa disebut ORI adalah porses jual beli dengan negara, dimana kita sebagai investor yang membeli surat hungan negara, sehingga kemudian negara dikatakan memiliki hutang kepada investor yang akan dibayar kembali dalam jangka waktu tiga tahun plus ditambah bunga.

Obligasi Ritel biasanya bernilai ratusan hingga miliaran rupiah. Namun jangan khawatir, untuk masyarakat umum, ORI juga ada yang dijual dengan nilai investasi awal yang cukup rendah yaitu berkisar lima juta rupiah. Investasi ini terbilang cukup aman, karena yang berhutang adalah pemerintah.

Saham.
Secara umum pengertian saham adalah bukti kepemilikan perusahaan. Contoh mudahnya, misalkan Anda memiliki saham di sebuah PT.X maka Anda juga tercatat sebagai pemilik PT.X. Saham ini dapat diperjual belikan dibursa saham maupun kepada orang lain secara antar individu. Keuntungan yang Anda dapatkan akan dobel, mengapa? Karena selain keuntungan yang didapat dari investasi saham adalah bagi hasil, kita juga akan mendapatkan keuntungan dari kenaikan nilai saham itu sendiri. Walaupun begitu, tidak jarang pula saham dapat mengalami penurunan. Modal awal untuk investasi awal saham beragam, bisa 25 juta atau bisa juga kurang dari ini.

Investasi Bisnis.
Investasi bisnis adalah investasi yang kita tanamkan untuk kemudian diputar kembali dalam bentuk usaha, baik itu usaha bidang pendidikan seperti sekolah, kerjasama jual beli dengan cicilan, dan lain-lain. Untuk investasi bisnis ini jangan lupa detail hak dan kewajiban sejak awal, agar pembagian keuntungan dikemudian hari menjadi lebih jelas.

Demikian  jenis investasi yang dapat penulis sampaikan. Masih banyak jenis-jenis investasi lain yang juga menguntungkan. Yang terpenting adalah pelajari dengan baik sebelum berivestasi agar Anda puas dengan hasilnya dikemudian hari.






0 komentar:

Posting Komentar

8 Jenis Investasi Yang Sangat menguntungkan Anda Dimasa Depan