Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Bahan pengganti MSG

Pak Sugiono, produk penyedap masakan yang saya tahu kebanyakan mengandung MSG, tapi belakangan ini muncul produk penyedap masakan yang mengaku tanpa tambahan MSG pada komposisinya. Apakah MSG itu digantikan
dengan unsur lainnya yang memberikan efek yang sama seperti MSG? Apakah unsur lain tersebut? dan bagaimana status kehalalannya? Mohon penjelasan Bapak. terima kasih.

Yanti, Depok.

Jawaban.
Ada bahan tambahan lain yang berfungsu mirip MSG (Monosodium Glutamat) yaitu ekstrak khamir, hidrolisat protein nabati, disodium inosinate, dan disodium guanilat. bahan bahan itu berfungsi menambah rasa gurih. Ekstrak khamir dibuat dari sel ragi. Sel ragi yang digunakan dapat berasal adri sel yang sengaja ditumbuhkan untuk membuat ekstrak khamir atau sel ragi dari limbah industri bir. Jika yang terakhir yang dilakukan maka statusnya bisa menjadi haram. Hidrolisat protein nabati umumnya berasal dari kedelai melalui prpses hidrolisis . Hidrolisis orotein kedelai  dapat dilakukan dengan menggunakan bahan kimia atau enzim.

Bahan pengganti MSG


Penggunaan enzim menimbulkan masalah keharaman jika enzim berasal dari babi atau hewan yang disembelih tidak sesuai dengan syariat islam. Disodium inosinat atau disodium gualinat dapat dibuat dari limbah ikan atau limbah daging. jika dibuat dari limbah daging, maka jenis hewan dan cara penyembelihannya menentukan status kehalalannya. Disamping itu bahan bahan lain yang digunakan dalam proses pembuatannya juga menentukan status kehalalannya.

Artikel ini diambil dari majalah ummi edisi No.1/VIII Rubrik Pangan Halal.
Diasuh oleh: Dr.Ir.Sugiono M.AppSc.
Dosen Departemen Teknologi Pangan dan Gizi
Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Baca juga artikel: 





0 komentar:

Posting Komentar

Bahan pengganti MSG