Berbagi tulisan bermanfaat yang pernah ku baca

Kelelawar Sebagai Obat Asma

Kelelawar Sebagai Obat Asma



 Ciri ciri Kelelawar
 Kelelawar memiliki kepala berbentuk segitiga dengan alas di bawah sebagai mulut. Matanya kecil, dan telinga pendek tetapi lebar dengan ujung telinga yang agak tumpul. Kelelawar memiliki panjang tubuh rata rata 18 cm.

 Lengan depan kelelawar mempunyai ciri jari jari memanjang, satu ke arah depan dan dua jari lainnya ke arah samping, sedangkan yang terakhir memanjang ke belakang. Jari jari tersebut diselaputi dengan selaput tipis yang kuat yang berfungsi sebagai sayap untuk terbang.

 Ekor kelelawar panjang menjulur ke belakang mencapai ujung selaput paha paling belakang. Warna punggung coklat keabu abuan disertai bintik bintik putih dan warna perut coklat muda. Pada kelelawar betina terdapat sepasang puting susu di dadanya.

 Habitat kelelawar
Kelelawar tinggal di lubang pohon besar atau bangunan bangunan kosong. Kelelawar selalu bergelantungan kepala di bawah pada waktu siang hari. Sebagai binatang malam, kelelawar mulai aktif sekitar jam 6 sore,berterbangan keluar dari sarang untuk mencari mangsa. Makanan utamanya adalah serangga dan burung kecil.

 Jenis kelelawar cukup beragam dan umumnya dapat dipakai sebagai obat tradisional. Kelelawar terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan ukuran tubuhnya, yaitu kecil, sedang, dan besar.

 Khasiat kelelawar sebagai obat.
  •  Daging dan paru paru kelelawar mempunyai khasiat sebagai berikut:
  •  Mengobati batuk menahun
  •  Mengobati asma menahun
  •  Memperbaiki fungsi paru paru dan saluran pernafasan.


 Dosis dan cara pemakaian kelelawar sebagai obat
Anda bisa mendapatkan kelelawar dengan cara memburu dan membelinya. Kelelawar dapat dibeli di pasar hewan terdekat .  Sebagai contoh di Bandar Lampung banyak penjual yang menyediakan kelelawar di sekitar pasar hewan. Di pasar hewan anda dapat membeli dan memilih langsung besar kecilnya kelelawar. Minta penjual untuk membunuh dan menguliti kelelawar. Anda tinggal membersihkan bulu yang tersisa dan membuang cakar serta isi perutnya. Ambil paru paru dan dagingnya untuk diolah.  Bumbui kemudian goreng atau bakar daging dan paru paru kelelawar tersebut. Setelah matang, dapat dimakan sebagai obat asma menahun.

 Cara lain memanfaatkan daging dan paru paru kelelawar dapat dilakukan dengan mengeringkannya. Membakarnya sampai menjadi arang hitam. Kemudian, tumbuk atau giling daging dan paru paru yang telah kering dan menjadi arang tersebut hingga menjadi serbuk halus. Serbuk ini dimasukkan dalam kapsul dan siap digunakan sebagai obat.

 Cara cara tersebut dapat dilakukan dengan efek pengobatan hampir sama. Anda dapat memilih proses pengolahan yang dirasa lebih praktis, mudah, dan ekonomis.

 Setelah makan daging kelelawar atau kapsul serbuk, 3 sampai 4 jam kemudian badan akan terasa hangat dan nyaman asma yang diderita pun cepat mereda dan tidak kambuh lagi. Pengobatan ini diulang dua minggu atau 1 bulan kemudian, tergantung derajat keparahan penyakit. Minimal dengan dua kali pemberian obat, penderita dapat sembuh secara tuntas, lebih manjur lagi jika penderita diberi obat sebanyak tiga kali.

 Farmakologi daging kelelawar

Laporan medis menyatakan bahwa dengan pengobatan daging dan paru paru kelelawar sebanyak 3 kali, dari 200 kasus asma, prosentasi kesembuhan yang efektif sebesar 80 hingga 90 persen




0 komentar:

Posting Komentar

Kelelawar Sebagai Obat Asma